Perencanaan Keuangan Sekolah

| 13/01/2012

perencanaan keuangan sekolahPERENCANAAN KEUANGAN SEKOLAH

Perencanaan Keuangan Sekolah adalah proses manajemen keuangan sekolah yang  meliputi :
(1) perencanaan
(2) pelaksanaan
(3)  pengawasan
(4) pelaporan dan
(5) pertanggung-jawaban


PERENCANAAN KEUANGAN adalah suatu proses kegiatan yang rasional dan sistematis dalam menetapkan langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai suatu tujuan.

Yang perlu diperhatikan dalam PERENCANAAN KEUANGAN SEKOLAH antara lain, menganalisa program kegiatan dan prioritasnya serta sumber dana. PERENCANAAN KEUANGAN SEKOLAH disesuaikan dengan rencana pengembangan sekolah secara keseluruhan, baik pengembangan jangka pendek (setahun) maupun jangka panjang (> 5 tahun).

Garner( 2004) merumuskan urutan  perencanaan keuangan yang strategis sebagai berikut:
1. Visi Misi
2. Tujuan jangka pendek dan jangka panjang
3. Program kegiatan
4. Target hasil
5. Anggaran
6. Perencanaan keuangan yang strategis

Kepmendiknas Nomor 056 / U / 2001 menyebutkan penyelenggaraan pendidikan di sekolah meliputi **telah dimodifikasi di web ini :

1.  Sarana sekolah dan penunjang  seperti  gedung sekolah, ruang kelas, ruang kantor,  ruang serba guna, gedung olah raga, lapangan dan atau gedung olah raga, halaman bermain, kebun sekolah, kolam berenang, dll.

2.  Pelayanan yang bersifat teknis edukatif untuk proses belajar mengajar, baik teori maupun praktik dan penilaian hasil belajar.

3.  Pelayanan yang bersifat menunjang operasional ruang belajar dan kegiatan lainnya, seperti : materi & peralatan pendidikan, perpustakaan, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, peralatan labortorium IPA, peralatan & bahan praktik keterampilan.

4.  Penyediaan daya dan jasa seperti listrik, telepon, gas, AC, jasa internet dan air.

5.  perjalanan dinas.

6.  Pelayanan kemasyarakatan, pemberdayaan SDM dan kegiatan sosial.

7.  Penyelenggaraan lomba dan kegiatan internal / eksternal sekolah atau yayasan.

8.  Gaji, tunjangan dan insentif.

9.  Lain-lain keperluan sesuai jenis sekolah.

Berdasarkan komponen penyelenggaraan pendidikan tersebut, maka perlu menentukan program prioritas dan tingkat kebutuhan ke dalam anggaran serta jangka waktu yang  dibuat.

Mengenai gaji, tunjangan dan insentif, komponen ini sesungguhnya bagian yang paling dinamis, karena biaya inflasi berjalan setiap tahunnya, k.l. 8% – 10%.  Namun kita tahu bahwa kebanyakan yayasan sekolah belum tentu mampu memberikan kenaikan gaji sebesar itu setiap tahunnya. Kalaupun mereka bisa memberikannya, sesungguhnya kenaikan gaji lebih pantas disebut penyesuaian biaya inflasi.

Jika Anda salah satu pendidik ataupun pegawai, jika ada program yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan hasil pengembangan tabungan Anda sebesar 20% – 100% per tahun, apakah Anda tertarik?  Jika ya, teruskan baca artikel ini.

BRILLIANCE SEJAHTERA

brilliance sejahteraProgram yang bisa membantu Anda untuk mengembangkan uang tabungan dari hasil pendapatan Anda disebut Brilliance Sejahtera.

Ada ketentuan yang perlu Anda ketahui tentang program  Brilliance Sejahtera ini :

1.  Anda harus tahu jelas apa tujuan Anda menabung?  Sebaiknya untuk rencana masa depan yang besar seperti membeli rumah, menikah, memiliki modal bisnis, dana pensiun, seperti itulah.

2. Berapa jumlah dana yang hendak Anda miliki dan pada tahun ke berapa? Sebaiknya jangka panjang, 10 tahun keatas atau untuk usia pensiun, kebebasan finansial pada usia setengah abad keatas.

Pernahkah Anda membanyangkan untuk memiliki   uang ratusan juta, miliaran atau bahkan ratusan miliar? Jika Anda bilang, tidak mungkin bisa. Ya betul, jika Anda hanya menabung secara konvensional, maka impian tsb tetap menjadi angan-angan saja. Tapi dengan program Brilliance Sejahtera, saya akan tunjukkan bagaimana program tsb membantu mewujudkan impian Anda.

3.  Program Brilliance Sejahtera adalah unit link, artinya, dengan uang tabungan rutin secara berkala, uang Anda akan diberdayakan oleh profesional fund manajer yang membesarkan dana Anda. Persentase keuntungan yang diperoleh berfluktuasi tergantung oleh sikon ekonomi mikro dan makro. Untuk jelasnya, klik link ini dan bacalah artikelnya.

Karena Anda menabung jangka panjang, maka unit link adalah sarana terbaik yang bekerja untuk Anda dan membesarkan dana Anda. Tapi jika Anda menabung terus di bank sepanjang usia bekerja Anda, maka nilai tabungan Anda akan kalah dengan tingkat kenaikan inflasi biaya hidup. Alhasil ketika Anda tidak bisa bekerja lagi karena PHK, kena musibah atau sudah pensiun, Anda tidak punya cukup uang untuk menopang biaya hidup.

Ingin tahu lebih banyak bagaimana mewujudkan  mimpi Anda? Silahkan email solusi@yendyinvestasikeuangan.com
Buatlah perencanaan keuangan pribadi Anda dengan Brilliance Sejahtera sejak dini sedapat mungkin seperti halnya Kepala Sekolah perlu membuat Perencanaan Keuangan Sekolah setiap awal tahun sehingga kegiatan dapat berjalan sesuai tujuan.

kata kunci:

Berita Terkait:

  1. Tips Keuangan Merencanakan Masa Depan

Tags: ,

Category: Perencanaan Keuangan

About the Author (Author Profile)

Comments (0)

Trackback URL | Comments RSS Feed

There are no comments yet. Why not be the first to speak your mind.

Comments are closed.